Monday, August 20, 2012

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Belajar pembukuan - Sebagai manusia, kita harus senantiasa menjaga kesehatan karena kesehatan adalah salah satu harta yang sangat berharga yang patut kita syukuri. Berapa banyak orang yang sakit dan merasakan penderitaan akibat sakit. Pada saat sehat, kadang kita tidak menyadari nikmat sehat, tetapi pada saat sakit kita menyadari bahwa betapa kesehatan merupakan nikmat yang tiada terkira.

Jika kita mengetahui kita sakit setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, maka kita menetapkan tindakan yang kita lakukan untuk menyehatkan kembali tubuh.



Untuk itulah penting sekali bagi kita untuk melakukan alnalisis kesehatan yang dikenal dengan istilah check up. Begitupun dengan perusahaan. Perusahaan adalah sebuah tubuh organisasi yang memiliki struktur layaknya tubuh.

Perusahaan bisa dinilai sehat dan juga tidak sehat. Salah satu ukuran untuk menetapkan sebuah perusahaan what atau tidak adalah dari laporan keuangan yang dimiliki perusahaan. ltulah Penyebabnya, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk membuat laporan keuangan secara berkala, karena dari laporan keuangan tersebut kita bisa mengetahui kondisi perusahaan kita. Salah satu analisis laporan keuangan adalah dengan menggunakan berbagai rasio. Rasio-rasio tersebut terdiri atas beberapa rasio seperti berikut ini:

1. Rasio Likuiditas
Current Rasio yaitu rasio yang membandingkan harta lancar terhadap Utang lancar untuk melihat kemampuan perusahaan melunasi utang-utang jangka pendeknya dengan menggunakan harta lancarnya.

                        Harta Lancar
Current Rasio: ==========
                        Utang Lancar


Acid Rasio yaitu rasio yang membandingkan harta lancar selain persediaan dan biaya dibayar di muka dengan utangjangka pendek dan tujuan untuk melihat likuiditas lebih dalam, bagaimana kemampuan perusahaan membayar utang-utang jangka pendek dengan menggunakan harta lancar yang mudah dicairkan atau cepat dicairkan. Dalam hal ini, persediaan dianggap sebagai harta yang memerlukan proses untuk dijadikan uang atau setara uang. Sedangkan biaya di muka diasumsikan memilikipotensi untuk menjadi biaya.

                        Harta Lancar- Persediaan - Biaya di muka
Acid Rasio : ===============================
                        Utangjangka pendek


2. Rasio Solvabilitas
Debt to Equity Rasio yaitu rasio yang membandingkan total utang dengan total modal yang dimiliki dengan tujuan untuk melihat kemampuan perusahaan membayar utang-utangnya dengan modal yang dimiliki.

                                    Total Utang
Debt to Equity Rasio: ==========
                                    Total Modal


3. Rasio Proļ¬tabilitas


Return on Equity yaitu rasio yang membandingkan laba perusahaan terhadap modal yang dimiliki. Tujuannya untuk mengukur sejauh mana keberhasilan operasional perusahaan dibandingkan modal yang dimiliki.

                        Laba
ROE    :           ==========
                        Modal


Return on Assets yaitu rasio yang membandingkan laba yang dihasilkan dengan keseluruhan aset yang dimiliki.

                        Laba
ROI     :           ==========
                        Total Aset


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment