Wednesday, June 15, 2011

Chart of Account

Chart of account

Nah pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang pembukan vs akuntansi. Dan untuk kali ini kita akan membahas tentang chart of account (daftar-daftar akun). Oke boleh saya mulai…

Chart of account atau daftar-daftar akun sangat penting bagi pencatatan akuntanasi, karena pada saat pencatatan, setiap transaksi yang terjadi akan dikelompokan ke dalam Chart of account.

Chart of account secara garis besar terdiri atas lima kelompok besar yaitu:

1.    ASSET / HARTA
2.    LIABILITIES atau  Kewajiban atau Utang
3.    Kapital atau Modal
4.    Pendapatan
5.    Biaya

Harta, merupakan hal milik perusahaan, baik yang dibiayai dengan utang maupun dengan modal sendiri. Harta terdiri atas subkelompok yaitu:

  • Harta lancer, yaitu harta yang mudah dicairkan menjadi uang atau dalam istilah lain harta yang likuid dalam jangka waktu yang cepat. Termasuk dalam kelompok harta lancar yaitu: kas, bank, piutang usaha, perlengkapan kantor, persediaan, biaya dibayar dimuka.
  • Harta tetap, yaitu harta yang dimiliki perusahaan tetapi tidak bias di cairkan dalam waktu dekat atau dalam waktu cepat. Kelompok harta tetap diantaranya adalah: kendaraan, bangunan, peralatan kantor.
  • Harta lain-lain, yaitu harta yang tidak bisa dikategorikan kedalam kedua jenis harta  diatas, tetapi masih menjadi milik perusahaan. Contohnya: Goodwill, Patent, merek.
LIABILITIES atau  Kewajiban atau Utang adalah segala kewajiban perusahaan kepada pihak lain yang harus dibayar oleh perushaan. Berikut ini meupakan bagian-bagian dari utang :

  • Utang jangka pendek, yaitu utang atau kewajiban yang jatuuh tempo dan harus dibayar dalam satu periode akuntansi yang sedang berjalan.
  • Utang jangka panjang, yaitu utang atau kewajiban yang jatuh tempo dan harus dibayar oleh perusahaan di luar periode akuntansi yang sedang berjalan.

Capital atau modal, merupakan cerminan harta yang bersumber dari modal dan utang, jadi secara konsep, modal itu tidak ada bedanya dengan utang, tetapi di sini utang adalah kewajiban kepada orang lain. Modal adalah sejumlah asset yang ditanamkan oleh pemilik modal dan tercemin dalam harta dan asset perusahaan.  Secara umum, yang termasuk modal adalah modal perusahaan dan laba ditahan.

Pendapatan, merupakan penghasilan yang diperoleh perusahaan dari transaksi bisnisnya, baik yang berasal dari operasional perusahaan maupun non operational. Pendapatan terdiri atas; pendapatan operasional, yaitu pendapatan yang berasal dari operasional pokok perusahaan atau core bisnisnya. Pendapatan lain-lain, yaitu pendapatan yang berasal dari non operasional perusahaan, misalnya pendapatan bunga.

Biaya, merupakan semua elemen pengeluaran operasional perusahaan baik berbentuk tunai maupun non tunai. Contohnya: biaya listrik, biaya air dan lain-lain.

Oke..itu sedikit penjelasan tentang chart of account, semoga anda mendapatkan ilmunya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment